Selasa, 09 Maret 2010

Cara-cara mengatasi GLOBAL WARMING!!(menurut kami lo...)

Klo menurut kita berdua ci cara-cara ngatasin Global Warming tu ga susah-susah amat! Tinggal orangnya aja mau ga' ngejalaninnya. Ne ada sedikit tips buat ngatasin yang namanya Global Warming:
  1. Paling penting and paling utama kita harus sadar! Klo kitanya ga' sadar akan apa yang baru terjadi, gimana kita mau nyegah global warming???
  2. Jangan suka ngebuang sampah sembarangan! (Kayaknya tu perintah udah basi banget,tapi tetep aja ada orang yang demen ngelakuinnya!!)
  3. Kurangi pemakaian kantong plastik!!
  4. Jangan bakarin sampah!! U know ga' dengan bakar sampah, kita udah nyumbang gas buat ngrusak bumi kita!!
  5. Mulai de misahin tu sampah,mulai dari sampah organik ampe sampah yang non organik!! Kan klo sampahnya dipisahin bisa dimanfaatin lagi! Ya ga'?
  6. Yang terakhir, sering-sering baca koran ama nonton berita byar kita tau betapa mengenaskannya bumi kita!! Otrey.....
Nah tipsnya dikit aja! Tapi dengan tips yang sedikit tadi,moga bisa memberi sedikit perubahan ke arah yang lebih baik buat bumi kita!! Amin...

Selasa, 09 Februari 2010

TANJOENG PANDAN 1835


Kontributor :oriza
Beri komentar  ( 4 )


Puisi Ian sancin

Mata delta Kalamoa; ayun ombak biru dan sisir angin bisu yang meruap-riak di teluk muara sungai Cerucuk. Di ketinggian anggun Tanjoeng Goenung, di bawahnya Batoe Poenai, di hadapannya Kapoeng Juru Seberang.

Di tengahnya gelinang air Seburik, larainya air Berutak, dan ruamnya air Pancoer, serta gemuruhnya air Raya; bergolak menari dalam biru menggoyang perahu para Lanun, kapal uap Belanda, kulek Sekak, bahkan perahu tentara Siak yang menyusup ke Istana Kota Karang tepian kerajaan Cerucuk.

Ramonda Ki Agus Mohamad Hatam mati tekerat. Ananda rahad pun terluka parah, Tengku Akil dibara nafsu kudeta dan akal liciknya membunuh raja.

Tentara melayu Belitong takkan gentar mesti nyawa berjajar layar, Tengku Akil terusir berlindung pada Belanda dan hendak kembali menyabung nyawa, menantang Raja Belitong dengan balatentaranya.

Tak mundur bergaris tanah, tak hunus keris dicabut, anak melayu jangan ditantang, kan ditunggu musuh yang datang. Mengenang sedih tragedi tewasnya Ramonda, Rahad menyisir ke hilir tinggalkan Cerucuk kota: gerbang laut mesti dijaga maka Bebak mesti dibuka menjadi kampong baru tempat berguru, anak cucu supaya tak lugu. Dan bujang-dayang pun memarang pandan, menggelar tikar bukan hanya untuk begalor, juga membaca doa tanda bersyukur agar kampong rukun dan masyhur.

Kampong pun menjelma kota. Tanjoeng Pandan namanya, negerinya Tanjoeng Goenoeng. Depati Ki Agus Rahad rajanya, menolak pencarian biji timah oleh Belanda, tapi Pak Munir diam-diam menunjukkannya.

Depati seorang demokrat adanya, demi kemajuan rakyatnya, ia izinkan Belanda menggali timah di tanahnya agar sekolah dan mesjid setara jumlahnya. Tetapi Belanda tetap menghianatinya. Belanda berkukuh di benteng De La Motte Tanjoeng Pendam. Rahad pun bergaung di Tanjoeng Goenoeng. Dua tanjung di Tanjung Pandan. Tanjung bisu yang menjadi batu. Timah tumpah, laut basah, muara resah, dan lagu-lagu angin kelekak terngiang di lambaian pucuk-pucuk pandan terbenam di cerucuk yang keruh.

Senin, 01 Februari 2010

BERITA SEPAK BOLA

Piala Asia Dan Visi 2020


TAHUN 2007 sungguh tahun penuh berkah bagi persepakbolaan Indonesia. Betapa tidak, ada beberapa agenda penting bernilai sejarah tinggi. Agenda paling bersejarah tentu saja Indonesia sebagai tuan rumah Piala Asia 2007. Menjadi tuan rumah Piala Asia merupakan peristiwa terbesar dalam perjalanan sejarah sepakbola Indonesia. Sebab, inilah pertama kali Indonesia mendapat kepercayaan AFC Konfederasi Sepakbola Asia) menyelenggarakan turnamen terbesar dan paling prestisius di kawasan Asia.

Posisi Indonesia terasa lebih istimewa – dibandingan tiga negara tuan rumah ASEAN lain yaitu Thailand, Malaysia, dan Vietnam–– karena mendapat kepercayaan menggelar partai puncak alias pertandingan final pada 29 Juli di stadion bersejarah dan salah satu stadion terbesar di Asia, Stadion Utama Gelora Bung Karno. Bisa dibayang-kan, miliaran orang akan menyaksikan pertarungan dua tim terbaik Asia yang diperkirakan akan muncul dari Big Five Asia: Australia, Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, Iran.

Piala Asia 2007 bukan semata mengangkat pamor sepakbola Indonesia, tapi juga memicu pertumbuhan ekonomi sekaligus promosi dahsyat bagi Bangsa dan Negara ini. Secara ekonomis, Piala Asia akan mengangkat GNP Indonesia. Dunia pariwisata bakal kian menggeliat. Diperkirakan Jakarta akan dibanjiri lebih dari 1,5 juta orang dari luar, baik dari luar Kota Jakarta maupun dari manca negara. Kota Palembang juga diprediksi akan dijejali tak kurang dari 100 ribu orang dari luar berbagai daerah di Sumatra.

Ribuan orang asing bakal masuk Jakarta dan Palembang selama Piala Asia. Selain petinggi AFC dan FIFA, ada sekitar 300 wartawan asing, talent scouting, pengamat, pelatih asing. Petinggi klub elite dari berbagai Negara juga akan Begitu juga turis mancanegara akan datang berbonpembinaan dong-bondong. Hitung saja, berapa banyak uang yang akan mereka habiskan untuk membayar hotel, makan, rekreasi, berbelanja, dll.

Dari aspek promosi, Piala Asia 2007 akan mengangkat citra Indonesia di percaturan dunia internasional. Mata dunia akan tertuju ke Tanah Air. Diperkirakan, sekitar 2 miliar orang akan menyaksikan pertandingan Piala Asia di Jakarta dan Palembang. Perhatian dunia secara khusus akan tertuju ke Jakarta pada 29 Juli, saat partai final digelar di Stadion Utama Bung Karno.

Demikian tinggi nilai ekonomis dan politis Piala Asia 2007, Presiden SBY sudah dijadwalkan akan hadir dan menonton pertandingan final. Orang nomor satu di Negeri ini akan duduk berdampingan dengan Presi-den FIFA Sepp Blatter, Presiden AFC Mohammad bin Hammam, Pangeran Arab Saudi, serta para duta besar Negara sahabat.

Itulah magis sepakbola. Seorang kepala negara seakan tak punya pilihan kecuali hadir di event akbar sepakbola seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Piala Afrika, atau Copa America. Tak terkecuali Presiden RI.

PSSI mencanangkan trisukses di Piala Asia 2007. Pertama, sukses persiapan di semua aspek. Kedua, sukses penyelenggaraan yang meliputi aspek keamanan, kenyamanan, pelayanan, promosi, antusiasme penonton, kualitas penyelenggraan pertandingan, dan keuntungan ekonomis (baca: tiket penonton).

Ketiga, sukses tim melaju ke babak 8 besar untuk pertama kali. Kalau target itu dinilai terlalu muluk, ukuran sukses tim yang realistis adalah kualitas permainan level tinggi. Secara peringkat, mencapai posisi ketiga klasemen babak penyisihan Grup D, sama dengan pencapaian Indonesia di Piala Asia 2004 di Cina. Jadi, ambisi lolos ke babak perempatfinal terasa amat berat lantaran grup ini dihuni dua tim raksasa Asia dan pelanggan Piala Dunia, Korea Selatan dan Arab Saudi.

Bagi PSSI, trisukses di Piala Asia 2007 dijadikan momentum kebangkitan sekaligus lompatan pertama untuk mewujutkan Visi Sepakbola Indonesia 2020 yang dicanangkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam Munas PSSI, 19-21 April 2007 lalu di Makassar. Yakni, berdirinya bangunan industri sepakbola nasional sebagai jembatan emas menuju Piala Dunia 2022.

Sebagai langkah awal, Ketua Umum PSSI terpilih Nurdin Halid terus memodernisasi dan memperkuat organisasi PSSI. Ia membentuk lima badan baru yang independen, yaitu Badan Pelatih Sepakbola, Badan Wasit Sepakbola, Badan Industri Sepakbola, Badan Informasi dan Teknologi, serta Badan Urusan Luar Negeri. Demi efektivitas gerak dan akselerasi organisasi PSSI yang begitu besar, Nurdin mengangkat tak kurang 50 tenaga profesional.

Selain hajatan bersejarah Piala Asia dan pencanangan Visi PSSI 2022, tahun 2007 juga bernilai sejarah tinggi justru karena Pengurus PSSI mencanangkan tiga program strategis. Pertama, peluncuran Liga Super yang akan dimulai pada musim kompetisi 2008. Liga Super adalah sebuah upaya mengatrol gengsi, mutu, dan nilai jual kompetisi profesional tertinggi di Tanah Air. Terkait dengan hal itu, Badan Liga Profesional akan menerapkan standar tinggi kepada setiap klub profesional yang tampil di Liga Super.

Kedua, pembangunan School of Excellent sebagai puncak pembinaan sepakbola yunior di Tanah Air. Proyek prestisius ini secara khusus membina pemain-pemain berbakat istimewa di Tanah Air yang direkrut dari tiga kompetisi yunior nasional, yaitu Liga Danone U-13, Liga Medco U-15, dan Liga Suratin U-17. Pemain-pemain yang masuk ke School of Excellent itu juga bisa diambil dari sentra-sentra pembinaan yang sudah ada dan akan dibangun di sejumlah daerah.

Ada dua tujuan utama pembangunan proyek prestisius ini. Pertama, menyiapkan pemain yunior berkualitas tinggi, baik teknis, mental, maupun bahasa asing (Inggris) untuk bisa bersaing masuk ke klub dan liga-liga sepakbola negara maju, khususnya Eropa. Pemain-pemain produk kompetisi hebat inilah yang kelak menjadi tulang punggung tim Merah Putih di berbagai arena internasional, selain produk kompetisi profesional dalam negeri.

Kedua, menciptakan bintang sepakbola idola yang sangat penting di atas panggung lapangan hijau sebagai showbiz yang menghipnotis penonton. Semakin banyak bintang idola, bisnis sepakbola akan semakin bergairah dan hidup.

Program strategis ketiga adalah memacu profesionalisme klub agar mandiri dalam keuangan. Program ini terasa mendesak agar klub-klub profesional tidak lagi mengandalkan dana APBD sebagai sumber utama pendanaan klub. Untuk itu, PSSI telah membentuk direktorat Bussiness Development di bawah Badan Industri Sepakbola dengan tugas pokok membantu klub menggali secara maksimal semua potensi ekonomis klub.

Pertanyaannya, mampukah kita, PSSI dan segenap stakeholders sepakbola Indonesia, memanfaatkan momentum strategis 2007 bagi kejayaan sepakbola di Negeri ini? Jawabannya, terletak pada kepiawaian kita mengelola berbagai agenda 2007 yang sangat strategis itu. Salah atau tidak maksimal dalam mengelola semua itu, PSSI akan kehilangan momentum. Sebaliknya, keberhasilan mengelola, tahun 2007 akan menjadi starting poin bagi PSSI untuk segera ‘lepas landas’ menuju industri sepakbola maju yang diidam-idamkan dan pada gilirannya membuka pintu gerbang Piala Dunia. (yos)

TEHNIK BERMAIN SEPAK BOLA


Dribbling Sebagai Salah Satu Teknik Dasar Sepakbola

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sepakbola adalah suatu permainan beregu yang dimainkan masing-masing regunya terdiri dari sebelas orang pemain termasuk seorang penjaga gawang. Sepakbola adalah permainan yang sangat populer, karena permainan sepakbola sering dilakukan oleh anak-anak, orang dewasa maupun orang tua.
Saat ini perkembangan permainan sepakbola sangat pesat sekali, hal ini ditandai dengan banyaknya sekolah-sekolah sepakbola (SSB) yang didirikan. Tujuan dari permainan sepakbola adalah masing-masing regu atau kesebelasan yaitu berusaha menguasai bola, memasukan bola ke dalam gawang lawan sebanyak mungkin, dan berusaha mematahkan serangan lawan untuk melindungi atau menjaga gawangnya agar tidak kemasukan bola. Permainan sepakbola merupakan permainan beregu yang memerlukan dasar kerjasama antar sesama anggota regu, sebagai salah satu ciri khas dari permainan sepakbola.
Untuk bisa bermainan sepakbola dengan baik dan benar para pemain menguasai teknik-teknik dasar sepakbola. Untuk bermain bola dengan baik pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik, pemain yang memiliki teknik dasar yang baik pemain tersebut cenderung dapat bermain sepakbola dengan baik pula.
Teknik-teknik dasar dalam permainan sepakbola ada beberapa macam, seperti stop ball (menghentikan bola), shooting (menendang bola ke gawang), passing (mengumpan), heading (menyundul bola), dan dribbling (menggiring bola).
Khusus dalam teknik dribbling (menggiring bola) pemain harus menguasai teknik tersebut dengan baik, karena teknik dribbling sangat berpengaruh terhadap permainan para pemain sepakbola. Teknik dribbling (menggiring bola) terbagi menjadi tiga macam :
1. Teknik dribbling dengan kura-kura bagian dalam.
2. Teknik dribbling dengan kura-kura penuh (punggung kaki).
3. Teknik dribbling dengan kura-kura bagian luar.
Disamping itu, kecepatan dalam dribbling (menggiring bola) sangat dibutuhkan untuk menunjang penguasaan teknik tersebut. Kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan yang sejenis secara berurut-urut dalam waktu yang sesingkat-singkatnya atau kemampuan untuk menempuh suatu jarak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
B. Rumusan Masalah
Masalah yang akan dibahas dalam makalah ini penulis rumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana sejarah permainan sepakbola ?
2. Apa saja teknik dasar permainan sepakbola ?
3. Apa yang dimaksud dribbling ?
4. Bagaimana kelebihan dan kekurangan dribbling ?
C. Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini antara lain untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman penulis mengenai masalah yang dibahas dalam makalah ini. Disamping itu, tujuan penulisan ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Telaah Artikel.
D. Teknik Dasar Permainan Sepakbola
Pada dasarnya permainan sepakbola merupakan suatu usaha untuk menguasai bola dan untuk merebutnya kembali bila sedang dikuasai oleh lawan. Oleh karena itu, untuk dapat bermain sepakbola harus menguasai teknik-teknik dasar sepakbola yang baik.
Untuk dapat menghasilkan permainan sepakbola yang optimal, maka seorang pemain harus dapat menguasai teknik-teknik dalam permainan. Teknik dasar bermain sepakbola adalah merupakan kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan atau mengerjakan sesuatu yang terlepas sama sekali dari permainan sepakbola.
Adapun mengenai teknik dasar sepakbola dapat penulis jelaskan sebagai berikut :
1. Teknik tanpa bola, yaitu semua gerakan-gerakan tanpa bola terdiri dari :
a. Lari cepat dan mengubah arah.
b. Melompat dan meloncat.
c. Gerak tipu tanpa bola yaitu gerak tipu dengan badan.
d. Gerakan-gerakan khusus untuk penjaga gawang.
2. Teknik dengan bola, yaitu semua gerakan-gerakan dengan bola, terdiri dari :
a. Mengenal bola
b. Menendang bola (shooting)
c. Menerima bola : menghentikan bola dan mengontrol bola
d. Menggiring bola (dribbling)
e. Menyundul bola (heading)
f. Melempar bola (throwing)
g. Gerak tipu dengan bola
h. Merampas atau merebut bola.
i. Teknik-teknik khusus penjaga gawang.
Dalam penulisan makalah ini penulis mengambil salah satu teknik dasar sepakbola yaitu teknik menggiring bola (dribbling), karena teknik ini dapat dilakukan dengan berbagai variasi dalam melakukannya, antara lain menggiring bola menggunakan kaki bagian luar, bagian dalam, dan punggung kaki.
E. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)
Sepakbola modern dilakukan dengan keterampilan lari dan operan bola dengan gerakan-gerakan yang sederhana disertai dengan kecepatan dan ketepatan. Aktivitas dalam permainan sepakbola tersebut dikenal dengan nama dribbling (menggiring bola). Menggiring bola diartikan dengan gerakan lari menggunakan kaki mendorong bola agar bergulir terus menerus di atas tanah. Menggiring bola hanya dilakukan pada saat-saat yang menguntungkan saja, yaitu bebas dari lawan.
Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang terputus-putus atau pelan-pelan, oleh karena itu bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Tujuan menggiring bola antara lain untuk mendekati jarak ke sasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan.
Menggiring bola (dribbling) memiliki beberapa kegunaan yaitu sebagai berikut :
1. Untuk melewati lawan
2. Untuk mencari kesempatan memberikan bola umpan kepada teman dengan tepat.
3. Untuk menahan bola tetap dalam penguasaan, menyelamatkan bola apabila tidak terdapat kemungkinan atau kesempatan untuk dengan segera memberikan operan kepada teman.
Untuk bisa menggiring bola dengan baik harus terlebih dahulu bisa menendang dan mengontrol bola dengan baik. Dengan kata lain, seorang pemain tidak akan bisa menggiring bola dengan baik apabila belum bisa menendang dan mengontrol bola dengan baik.
F. Kelebihan dan Kurangan Teknik Menggiring Bola (Dribbling)
Tidak setiap teknik dasar dalam permainan sepakbola akan selalu berhasil dilakukan dalam setiap pelaksanaan pertandingan. Akan tetapi, teknik-teknik dasar tersebut dipengaruhi oleh berbagai hal dan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak terkecuali pada teknik dasar menggiring bola (dribbling).
Berikut ini dapat penulis jelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan teknik menggiring bola (dribbling) :
1. Kelebihan dribbling menggunakan kaki bagian luar yaitu bila menggunakan kaki kanan dapat mengecoh ke sebelah kiri lawan atau sebaliknya. Sedangkan kelemahannya adalah tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kanan bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.
2. Kelebihan dribbling menggunakan kaki bagian dalam adalah dapat mengecoh lawan ke sebelah kanan lawan apabila menggunakan kaki kanan atau sebaliknya. Sedangkan kelemahannya adalah tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kiri bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.
3. Kelebihan dribbling menggunakan bagian punggung kaki adalah dapat menggiring bola dengan arah lurus apabila tidak ada lawan yang menghalangi. Sedangkan kelemahannya adalah kurang efektif untuk mengecoh lawan ke sebelah kiri atau sebelah kanan.
DAFTAR PUSTAKA
Luxbacher, Joseph A., 2004, Sepakbola, edisi kedua, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
Soekatamsi, 1997, Permainan Besar I Sepakbola, Jakarta, Universitas Terbuka.
Sudjarwo, Iwan dan Nurdin, Enur, 2005, Permainan Sepakbola, Diktat, Tasikmalaya, PJKR FKIP Universitas Siliwangi.

Sejarah Komputer Generasi Pertama

Halo teman teman bagaimana sih asal mulanya sebuah komputer, bagaimana sih kok sekarang ada sebuah alat yang sangat canggih yang disebut komputer?? baiklah teman teman, di bawah ini akan kami jabarkan tentang sejarah komputer bagaimana sebuah komputer itu bisa lahir. Memang sih tidak ada yang tau persih bagaimana sebuah komputer itu bisa lahir, tapi kan namanya juga belajar sejarah, jadinya menggali informasi dari masa ke masa, kemudian dirangkum, dikelompokkan, diklarifikasi dan akhirnya lahir sebuah sejarah. Sejarah komputer yang kami sajikan ini terbagi menjadi empat generasi komputer, yaitu dari sejarah komputer generasi pertama sampai dengan sejarah komputer generasi keempat.
Sejarah Komputer Generasi Pertama
Awal mulanya komputer pada generasi pertama ini adalah saat terjadi perang dunia kedua, negara-negara yang ikut terlibat dalam perang dunia itu berusaha mengembangkan komputer untuk memaksimalkan kemampuan dalam mengatur strategis yang dimiliki oleh komputer. Hal ini mempengaruhi peningkatan pendanaan pengembangan komputer juga ikut serta mempercepat pertumbuhan kemajuan teknik komputer. Tahun 1941, seorang insinyur Jerman bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan juga peluru kendali.
Di tempat lain ada Pihak sekutu juga yang juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kemampuan komputer. Pada tahun 1943, pihak Inggris berhasil menyelesaikan sebuah komputer pemecah kode rahasia yang diberi namakan Colossus yang berfungsi untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh negara Jerman. Efek dari pembuatan Colossus sebenarnya tidak banyak mempengaruhi perkembangan industri komputer, hal itu bisa terjadi karena ada dua alasan yaitu ; yang pertama, colossus adalah bukan komputer serbaguna dalam bahasa inggrisnya “general purpose computer”, ia dibuat hanya agar bisa memecahkan kode rahasia. Yang kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang selesai.
Sedangkan usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu adalah menghasilkan suatu kemajuan lain jika dibandingkan dengan sekutu. Seorang insinyur Harvard yang bernama Howard H. Aiken (1900-1973) bekerja sama dengan IBM, berhasil menghasilkan kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator itu berukuran sangat besar, yaitu dengan panjang setengah lapangan sepak bola dan juga memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil (besar sekali bukan). Komputer itu adalah ; The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Mark I menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mark I beropreasi dengan lambat, ia memerlukan waktu 3-5 detik untuk setiap perhitungan dan tidak fleksibel yaitu urutan kalkulasinya tidak dapat diubah. Mark I tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.

Sejarah komputer generasi ke dua

Tahun 1948, penemuan transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. sehingga mengakibatkan, berubahnya ukuran mesin-mesin elektrik yang tadinya berukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil.
Transistor mulai dipakai dalam teknologi komputer dimulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih bisa diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulu sebelumnya. Mesin pertama yang dapat memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM menciptakan superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah data yang besar, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin komputer LARC itu sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga kepopulerannya menjadi terbatas. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan ; yaitu satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya ada di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua ini telah menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.

Jumat, 22 Januari 2010

tempat pariwisata yg baik

PARIWISATA PENUH TANGGUNG JAWAB – Responsible Tourism

Mungkin di antara Anda menjumpai hal-hal yang kurang menyenangkan pada waktu liburan, di mana seyogyanya liburan Anda merupakan saat yang paling menyenangkan dan menyegarkan. Toilet umum yang “jorok”, sampah berserakan di pantai, sampai pada terumbu karang yang rusak akibat ulah penyelam, berbagai tanaman yang rusak akibat ulah para pendaki gunung dsb.
Banyak hal yang dapat kita lakukan baik sebelum, di saat maupun setelah liburan dilakukan agar hal-hal itu tidak terjadi baik dalam perjalanan Anda maupun di rumah yang Anda tinggalkan selama liburan.
Banyak di antara kita yang tidak menyadari, bahwa liburan kita dapat menjadi penyebab atau sedikitnya penymbang terhadap pencemaran lingkungan. Bukan hanya sekedar bekas kemasan makanan atau minuman kita yang “tercecer”. Jangankan yang tidak disengaja, bahkan yang dibuang sembarangan dengan sengaja pun banyak kita jumpai di tempat-tempat kita berlibur. Secara tidak kita sadari pula, bahwa kendaraan bermotor yang kita gunakan untuk berlibur pun berperan mencemarkan udara sekitarnya.
Dalam banyak hal, sebaiknya kita jangan terlampau mengharapkan, apalagi menghimbau, pihak lain untuk memperhatikan dan memelihara lingkungan, kiranya akan lebih berguna dan efektif bila kita mulai dari diri kita sendiri. Ideal? Memang ideal, namun idealisme ini adalah untuk kepentingan kita sendiri.
Sebaiknya kita selalu ingat lingkungan yang bersih, tidak tercemar akan sangat bermanfaat dalam memelihara kesehatan kita bersama (termasuk kita sendiri, kan?). Jadi, pada prinsipnya, kebersihan dan kesehatan serta kelestarian lingkungan itu “demi kepentingan kita sendiri”. Yang menikmati liburan yang bersih pun kita juga, kan? Kita, itu berarti Anda semua, saya dan kami semua.
Contoh yang sangat mengesankan, di ibukota Ranah Minang, Padang, sudah lama berlaku saling mengingatkan sikap laku anggota masyarakat untuk
Kota Padang yang bersih
Kota Padang yang bersih
memperhatikan dan memelihara kebersihan bersama-sama. Artinya, seorang anggota masyarakat tidak merasa “tersinggung”, – jangankan “marah”, tersinggung pun tidak -, jika anggota masyarakat yang lain menegurnya karena “mengotori” lingkungan, semisal membuang puntung rokok atau bekas kemasan makanan secara sembarangan. Hasilnya? Menakjubkan, … sangat menakjubkan! Kota Padang berkali-kali, bukan hanya sekali, dinobatkan sebagai kota terbersih.
Besar sekali kemungkinnya Anda sudah pernah mendengar istilah “ecotourism“, atau “ecological tourism“, atau “responsible tourism“, atau disebut juga “sustainable tourism“. Apapun namanya, pada dasarnya pengertian itu mengandung maksud agar para wisatawan (baik nusantara maupun mancanegara) senantiasa bertanggung jawab untuk bersikap “memelihara lingkungan” tempat yang dikunjunginya. Tanggung jawab memelihara lingkungan bukan hanya terbatas pada pemerintah, para penyelenggara atau pengelola tempat liburan itu saja.
Responsible tourism, demikian juga sustainable tourism, tidak hanya mengacu pada kepentingan lingkungan alam semata, melainkan juga pada “kepentingan kelangsungan kehidupan masyarakat setempat”, baik ditinjau dari kacamata dan kepentingan manfaat ekonomi, maupun sosial budaya, keamanan, ketertiban, ketentraman dsb. dalam kehidupan masyarakat sekitarnya.
Dengan demikian, melalui responsible tourism, kepariwisataan diharapkan dapat bertahan seterusnya (sustainable) bagi kemaslahatan masyarakat setempat (for the benefit of local people).
Jadi, apa yang dapat Anda lakukan baik pada waktu perencanaan, saat sebelum berangkat maupun saat berada di tempat liburan? … Baiklah, di bawah ini disampaikan beberapa petunjuk bagi para pelaku liburan, yang juga pernah disampaikan pada editor ttispot, http://traveltourismindonesia.wordpress.com agar diketahui masyarakat seluas-luasnya.
PERENCANAAN
1. Liburan yang bagaimana yang akan Anda lakukan? Mengatur sendiri atau ikut paket wisata biro perjalanan?
2. Pilihlah kegiatan liburan yang ramah lingkungan, baik Anda mengatur sendiri maupun bersama biro perjalanan.
3. Pilihlah hotel milik usahawan lokal/dalam negeri, lebih memberikan manfaat bagi ekonomi warga setempat.
SEBELUM BERANGKAT
1. Jika menggunakan kendaraan sendiri, siapkan kendaraan sebaik mungkin, selain menghindari kesukaran di jalan, juga agar tidak terlampau banyak mencemari lingkungan, sebaiknya uji emisi dilakukan secara teratur. Lebih baik lagi jika menggunakan kendaraan umum.
2. Pastikan rumah ditinggalkan dalam keadaan aman dari bahaya kebakaran (periksa kompor gas, alat elektronik, lampu agar dalam keadaan mati)  serta pencegahan tindak kriminal (pencurian/pembobolam).
3. Titipkan kepada seorang yang dikenal baik untuk menyalakan dan mematikan lampu penerangan halaman.
DI TEMPAT BERLIBUR, ada beberapa larangan (don’t) yang perlu dilakukan, yaitu:
1. Jangan melemparkan apapun kecuali pandanganmu (Don’ throw away anything but your looks). – Jangan membuang sampah sembarangan -. Jika tidak ada tempat sampah, bawalah serta (terutama sampah anorganik) dan buang di tempat yang tersedia;
2. Jangan membunuh apapun, selain waktu (Don’t kill anything but time);
Tanjung Kelayang, Belitung
Tanjung Kelayang, Belitung
3. Jangan mengambil apapun kecuali foto (Don’t take anything but pictures);
4. Jangan meninggalkan apapun, selain jejak kaki (Don’t leave anything but footprints);
5. Jangan membeli souvenir yang terbuat dari hasil pengawetan binatang yang dilindungi, seperti kulit ular, kulit penyu, kulit buaya dan sejenisnya. Demikian juga makanan, antara lain sop penyu;
6. Jangan menghamburkan air saat mandi dan listrik (lampu, AC) saat di luar kamar;
7. Jangan minta ganti handuk tiap hari. Dengan demikian dapat menghemat air yang diperlukan untuk mencucinya (di Jerman sejak 25th. yl. tamu sudah diingatkan bahwa handuk di kamar diganti tiap dua hari kecuali ada pergantian tamu).
8. Jangan melakukan hal-hal terlarang menurut adat istiadat, agama dan kepercayaan masyarakat setempat.
Dengan mengikuti petunjuk di atas Anda telah ikut melaksanakan responsible tourism secara langsung.

cerita humor

Memeriksakan Penyakit Ayam

Category: Humor Binatang

Seorang ibu merasa cemas dengan keadaan ayam peliharaan kesayangannya sekarang yang tak seperti biasa. Maka pergilah dia berkonsultasi dengan seorang dokter hewan ahli pakar dibidang penyakit ayam.

Prof. : "Ada yang bisa saya bantu bu?"
Ibu : "Begini dok, hari ini ayam saya tidak seperti biasanya. Biasanya dia selalu ceria, berlari, mencari makanan, kejar-kejaran dan sebagainya. Kenapa Tapi hari ini ayam saya sangat lain. Kira-kira ayam saya kena penyakit apa ya dok?"
Prof : "O.. begitu ya... baiklah... saya akan periksa tapi sebelumnya saya perlu tau kondisi ayam ibu sekarang ini seperti apa?"
Ibu : "Sekarang ayam saya hanya diam saja, tidak mau berlari dan kakinya keatas"
Prof : "Baiklah bu.. saya akan diagnosa penyakit yang di derita ayam ibu, besok ibu bisa datang kemari lagi."

Maka pulanglah si ibu. Dan keesokan harinya si ibu datang kembali dan menanyakan hasil penelitian dokter.
Ibu : "Bagaimana prof. apakah penyakit ayam saya sudah diketahui?"
Prof: "Hmm... setelah saya selidiki dan melihat kondisi ayam ibu maka saya mengambil keputusan bahwa ayam ibu telah MATI!"

Ibu langsung pingsan.

Kamis, 21 Januari 2010

wisata belitung

WISATA BELITUNG: WISATA MURAH KE BELITUNG

26 11 2008
The most popular tourism destination in Belitung.
The most popular tourism destination in Belitung.

Mulai awal Desember 2008 hingga selanjutnya, kami membuka paket wisata ke Belitung Murah Meriah. Paket Wisata yang kami tawarkan adalah:
1.PAKET WISATA MERCUSUAR LENGKUAS.
Paket wisata ini menghabiskan biaya hanya Rp. 880.000 selama 2 hari semalam, biasanya paket ini dikhususkan untuk weekend sabtu-minggu. Pesertanya datang hari sabtu pagi di bandara Hanandjudin, Tanjungpandan dari Jakarta menggunakan Sriwijaya Air. Kami menjemput anda di bandara dan kita langsung menuju pantai indah di pesisir pulau Belitung seperti pantai Tanjung Tinggi, pantai Tanjung Kelayang, dan pantai Tanjung Binga. Bagi yang senang berenang atau menyelam bisa dilakukan sepuasnya hari itu.
Keesokan paginya kita akan menuju pulau Burung dan pulau Lengkuas, serta mengeksplorasi keindahan alam pulau tersebut. Di mercusuar lengkuas kita bisa menikmati keindahan panorama pantai dari atas menara tinggi buatan Belanda ini. Siang hari itu juga kita kembali ke Belitung dan bersiap-siap untuk mencari oleh-oleh serta kepulangan kita ke Jakarta. Dengan berat hati kami mengantarkan anda di bandara udara Hanandjudin serta berharap akan bisa bertemu anda kembali nanti saat berwisata lagi di pulau Belitung.
2.PAKET WISATA NEGERI LASKAR PELANGI
Seperti paket wisata mercusuar Lengkuas, di hari kedua anda tidak lagi melakukan perjalanan ke pulau-pulau di sekitar Belitung tetapi sebagai gantinya anda akan mengunjungi kota kecil Gantong dan melihat langsung lokasi bekas kehidupan para aktor laskar pelangi di masa lalu maupun bekas syuting film kemarin. Wawancara dengan beberapa tokoh LP dapat dilakukan pada hari itu juga. Siang hari kita sudah harus kembali ke Tanjungpandan dan mempersiapkan kepulangan anda ke Jakarta. Biaya yang kami tawarkan untuk ke negeri laskar pelangi ini hanya rp.790.000 saja… Murahkan…..
Tapi  ingat bahwa biaya di atas termasuk:
Fasilitas hotel mewah ber-AC, rental mobil, sewa boat (utk paket 1), makan dan minum di tempat yang ditentukan.
Tidak termasuk:
Tiket pesawat, biaya belanja oleh-oleh, makan dan minum di tempat yang tidak ditentukan, serta transportasi ke tempat yang bukan menjadi agenda paket wisata, biaya telpon, dan lain-lain di luar yang telah di tetapkan di atas.
Tetapi jika anda tidak memiliki keinginan yg lain seperti menambah hari karena keasyikan dengan pantai Belitung (walaupun hal ini masih bisa kita negosiasikan), semua kebutuhan anda dalam paket ini kami rasa sudah cukup terpenuhi sehingga biayanya tepat seperti yang kita tawarkan di atas.
Anda bisa mentransfer uang terlebih dahulu saat liburan lagi ramai misalnya seperti saat akhir tahun  ini, ke rekening kami (lihat BLOG : BELITUNG FOR BEGINNERS 3 di http://visitbelitong.multiply.com  atau akses ke : www.belitungbeach.com ), karena akan digunakan untuk membooking hotel terlebih dahulu. Tetapi bila anda masih belum mempercayai kami, transaksi bisa dilakukan setibanya anda nanti di bandara Tanjungpandan. Semua biaya langsung dibayar saat kami bertemu anda di bandara, setelah itu baru kita bisa menikmati perjalanan kita. Cuman masalahnya kita masih harus mencarikan anda hotel dulu karena belum dibooking.
Di komentar yang ada di bawah ini, kami mempersilahkan bagi siapa saja tamu dari Jakarta yang ingin datang berwisata ke pulau Belitung untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu, maupun menanyakan segala informasi mengenai perjalanan. Kami bertindak sebagai moderator atau Tour Advisor untuk memandu anda. Kami menyebut termin pertama sebagai trip 1.1 untuk paket wisata 1 dan trip 1.2 untuk paket wisata 2 di awal bulan Desember ini.
Have enjoy your holiday and we will give your pleasures comfortably…….

Minggu, 17 Januari 2010

barca n real

Gilas Sevilla, Barca Perlebar Jarak
orizajrs.blogspot.com
AFPBeritaBola.com: Barcelona - Barcelona berhasil memperlebar jarak dengan Real Madrid di klasemen La Liga. Kondisi itu tercipta setelah Blaugrana berhasil menggilas Sevilla 4-0.

Dengan hasil ini Barca kini mengoleksi 46 poin dari 18 laga unggul lima angka dari Madrid yang dua jam sebelumnya takluk 0-1 dari Athletic Bilbao.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadio Nou Camp, Minggu (17/1/2010) dinihari WIB tersebut, empat gol Barca dihasilkan dari bunuh diri Julian Escude sontekan Pedro serta dua kali sepakan kaki kiri Lionel Messi.

Barca cukup mendominasi jalannya laga. Mereka tercatat memiliki 10 tendangan ke arah gawang dari 25 percobaan sedangkan Sevilla nol. Tuan rumah juga unggul penguasaan bola dengan perbandingan 71:29.

Jalannya pertandingan

Seperti yang biasa diperagakanya, Barca langsung menunjukkan dominasi sejak menit-menit awal. Mereka hampir memiliki 75 persen penguasaan bola di awal babak pertama.

Peluang emas didapat Zlatan Ibrahimovic di menit enam. Thierry Henry yang menggiring bola di sisi kiri melepaskan umpan melengkung kepada Ibra yang sudah berada di mulut gawang namun tampak tak siang. Bola hasil sepakannya pun melebar.

Setengah jam kemudian giliran Messi yang mendapat peluang. Penyerang internasional Argentina ini melepaskan tendangan yang masih dapat dihalau Andres Palop dan berbuah tendangan sudut.

Tak disangka-sangka, gol pembuka dari Barca yang tampil mengurung malah terjadi dari bunuh diri pemain Sevilla, Julian Escude. Di menit 49, dia salah mengantisipasi umpan mendatar dari Rafa Marquez dan malah memasukkan bola ke gawangnya sendiri.

Henry mendapat peluang nyata di menit 53, Menerima umpan cerdik dari Andres Iniesta, dia meneruskannya dengan sepakan terarah namun masih dapat diblok Palop.

Barca pun sudah bisa lega setelah berhasil menggandakan keunggulan di menit 70. Menerima umpan Xavi, Pedro yang lolos dari jebakan offside melepaskan tendangan untuk mengoyak jala gawang Palop.

Di menit 85, giliran Messi yang beraksi. Berawal dari umpan silang Daniel Alves, dia menceploskan bola melalui tendangan kaki kirinya.

Tapi pertunjukan Messi belum berhenti. Kali ini dia mendapat umpan dari Eric Abidal untul membobol gawang Palop dengan masih menggunakan kaki kiri, yang merupakan kaki andalannya.

Susunan pemain

Barcelona: Valdés, Pique, Puyol (Marquez '45), Abidal, Alves, Busquets, Iniesta, Xavi, Henry (Pedro '63), Ibrahimovic, Messi

Sevilla: Palop, Escudé, Dragutinovic, Navarro, Konko (Adriano '59), Valiente (Duscher '45), Lolo, Koné, Navas, da Silva (Capel '45), Stankevicius
(dtc/fjp)

komputer



Sumber :evo_theblackpunk@yahoo.com
Seperti kita ketahui bahwa saat ini penggunaan PC Desktop sudah umum untuk mendukung aktivitas kita sehari-hari, baik dari sisi pekerjaan maupun hiburan. Untuk itu, diperlukan suatu pengetahuan (knowledge) yang memadai dari sisi arsitektur & periferal PC tersebut agar kita dapat menggunakannya dengan optimal.
Di Indonesia umumnya, kebanyakan PC Desktop yang beredar adalah tipe PC rakitan. Istilah PC rakitan mengacu pada sebuah PC Desktop yang dirakit sendiri secara swadaya oleh pemiliknya, atau dirakit oleh sebuah dealer lokal. Kelebihan PC rakitan adalah dari sisi fleksibilitas fitur, spesifikasi, kemudanan upgrade sampai ke harga yang lebih miring. Istilah ini untuk membedakannya dengan PC Branded (bermerek) yang biasanya memiliki “kelebihan” sebaliknya, yaitu : Fitur kurang fleksibel (sudah ditentukan oleh produsennya), spesifikasi sudah fix, susah di-upgrade (karena harus melalui perwakilan resmi produsen) dan harganya sedikit lebih mahal daripada PC rakitan. Jika anda sudah memutuskan untuk membeli PC rakitan, ada baiknya mengetahui dulu arsitektur periferal yang menentukan dari sebuah PC. Perangkat terpenting PC sebetulnya adalah Motherboard (atau Mainboard). Sebegitu pentingnya perangkat ini, hingga dinamakan sebagai “Mother”. Ini artinya Motherboard adalah sebuah perangkat utama yang menjadi platform/dasar dari sebuah PC. Dapat dikatakan, sebuah PC sebetulnya dibangun dan memiliki spesikasi sesuai dengan Motherboard yang digunakan. Semua devices & periferal seperti Processor, RAM, Hard Drive, VGA Card sampai ke Mouse/Keyboard semuanya berhubungan dan “dicolokkan” pada Motherboard. Dibawah ini merupakan tips memilih Motherboard yang baik:

• Carilah Motherboard yang berharga terjangkau & sesuai dengan tujuan penggunaan PC. Yang paling penting pada saat membeli produk adalah budget dana yang tersedia. Sesuai dengan harganya
Motherboard dibagi menjadi 3 segmen, yaitu : Value (terjangkau), Mainstream (menengah)
High End
(kelas atas). Tentukan dulu tujuan penggunaan PC, apabila hanya digunakan untuk keperluan
standar/administrasi sebaiknya gunakan tipe Value, jika untuk pemakaian home-entertainment bisa
menggunakan mainstream dan seterusnya.
Tentukan form-design (ukuran) chassis yang ingin digunakan.
Motherboard memiliki dua ukuran, yang disebut ATX dan Micro-ATX. Ini mengacu pada chassis (casing / CPU) yang digunakan. ATX berukuran standar (Tower PC), sedangkan Micro-ATX berukuran lebih kecil (Mini Tower PC). Umumnya Motherboard Value menggunakan form-design Micro-ATX.
Pilihlah chipset yang tepat. Chipset merupakan “jantung” dari Motherboard, dan sangat menentukan spesifikasi dari Motherboard yang digunakan. Motherboard terbaik selalu menggunakan chipset terbaik pula. Pilihlah chipset dengan teknologi paling akhir, agar dapat menggunakan devices periferal terbaru.
Contohnya :
mendukung Processor Intel LGA775, RAM DDR/DDR2, Hard Disk Serial ATA, dsb. Produsen chipset yang
umum di Indonesia antara lain : Intel, Via dan SiS. Pastikan Motherboard mendukung Processor mutakhir, terutama dari Intel.
Intel merupakan teknologi PC di dunia. Hampir semua standar PC dibuat oleh perusahaan ini, jadi sebaiknya kita menggunakan platform yang saling terkait dengan Intel, misalnya :
Motherboard yang mendukung processor Intel. Selain itu produk-produk Intel biasanya juga mendukung fitur-fitur motherboard yang mutakhir seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya.
Fasilitas fitur terintegrasi (on-board). Fasilitas terintegrasi adalah fitur tambahan yang telah disertakan pada Motherboard tersebut, sehingga kita tidak perlu membeli periferal tambahan. Contoh fitur terintegrasi (on-board) antara lain : Grafics Integrated (VGA Card), Audio System, LAN, USB, dsb. Dengan adanya fasilitas ini, maka kita bisa berhemat karena bisa langsung digunakan. Garansi yang memadai jaminan purna jual yang baik. Garansi sangat penting untuk menjamin apabila suatu waktu PC kita mengalami masalah (trouble), sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perbaikannya. Carilah merek yang betul-betul memiliki garansi riil dan dapat dipercaya. Saat ini rata-rata Motherboard memiliki garansi 1 – 3 tahun. Garansi juga terkait
dengan layanan purna jual, dimana kita membeli devices tambahan atau komplain mengenai produk yang kita. Artinya penting buat kita untuk membeli Motherboard pada dealer yang cukup bonafid. Ketersediaan Driver pendukung. Driver adalah aplikasi yang berfungsi untuk “memperkenalkan devices atau periferal yang dipasang pada Motherboard, misalnya VGA Card, Printer, CD ROM dan sebagainya. Tanpa driver, perangkat tersebut tidak dapat berjalanan atau dikenali oleh sistem PC. Pastikan Motherboard telah dilengkapi dengan CD Driver yang up-to-dated sehingga dapat mengenali perangkat terbaru. Kompatibilitas sistem dengan berbagai modul card tambahan. Kompatibilitas maksudnya adalah kesesuaian devices & periferal pada Motherboard agar semua sistem dapat bekerja dengan sesuai. Misalnya, apakah tipe RAM atau VGA Card yang kita gunakan dapat berjalan baik dengan Motherboard tersebut. Kompatibilitas merupakan poin penting, karena jika ada satu perangkat yang tidak cocok berarti PC secara keseluruhan tidak dapat digunakan. Untuk mengetahui kompatibilitas,
dapat di cek pada dealer yang menjual atau membaca buku manual (guide book) yang tersedia. Mencari referensi produk-produk Motherboard dari relasi atau media. Untuk memperkuat pengetahuan sebelum membeli Motherboard, ada baiknya kita membaca referensi yang banyak tersedia di majalah komputer, buku atau internet. Kita juga dapat bertanya kepada relasi yang sudah ahli. Sekarang ini banyak tersedia resource informasi mengenai arsitektur PC apabila kita membutuhkannya. Dengan pengetahuan yang memadai akan mengurangi resiko salah beli atau harga yang terlampau mahal. Kelengkapan Motherboard. Terakhir yang tak kalah penting adalah kelengkapan pada Motherboard. Ketika membeli suatu Motherboard box-packaged haruslah menyertakan CD Driver, Buku Manual (Guide Book), Kabel ATA/SATA/Floppy dan Back-panel (berfungsi untuk pelapis bagian belakang casing sebagai tempat konektor). Item diatas minimal harus ada, karena kita tidak dapat merakit PC tanpanya.